Diana Nofita (201669050006); " />
⇐ Kembali Detail Cantuman

PENGARUH KONSENTRASI GULA DAN PERBEDAAN JENIS JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) PADA MINUMAN SECANG INTAN (CEASALPINIA SAPPANL)

Diana Nofita (201669050006) - Personal Name (Pengarang)
Hapsari Titi Palupi, S.TP., MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)


Abstrak
Rempah-rempah mempunyai kemampuan mencegah terjadinya oksidasi akibat racun/radikal bebas yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat. Hal tersebut terjadi karena rempah-rempah mengandung senyawa fenolik yang mampu menghambat radikal bebas. Kayu secang memiliki kandungan zat gizi yang tinggi terutama antioksidan. Jahe merupakan salah satu tanaman rempah dan obat obatan. Salah satu olahan secang dan jahe yaitu instan secang jahe. Minuman secang instan merupakan minuman serbuk yang berbahan dasar kayu secang, jahe, gula dan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi gula (40% dan 60%) dan 3 jenis jahe (jahe merah, jahe gajah, jahe emprit) terhadap minuman secang instan. Parameter organoleptik dilakukan analisis statistik menggunakan uji Fridmen sedangkan untuk mengetahui perlakuan terbaik dalam uji organoleptik dilakukan uji indeks efektivitas. Rancangan percobaan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor dan 3 kali pengulangan. Perlakuan terbaik ditentukan dengan uji indeks efektivitas dengan Hasil perhitungan menunjukkan perlakuan terbaik terdapat pada K2J2 (Gula 60% jahe gajah 15 gram) dengan ketentuan rasa 3.20 (suka), warna 2,76 (suka), aroma 3.33 (suka), tekstur 3.91(suka sekali)
Kata kunci : instan secang jahe, konsentrasi gula, uji organoleptik, uji efektifitas
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail
Judul PENGARUH KONSENTRASI GULA DAN PERBEDAAN JENIS JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) PADA MINUMAN SECANG INTAN (CEASALPINIA SAPPANL)
Pengarang Diana Nofita (201669050006) - Personal Name (Pengarang)
Hapsari Titi Palupi, S.TP., MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
No. Panggil 663.9 NOF P
Subyek instan secang jahe    konsentrasi gula    uji organoleptik    uji efektifitas    
Bahasa Indonesia
Penerbit Ilmu dan Teknologi Pangan (Fak. Pertanian)
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Pasuruan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Universitas Yudharta Pasuruan

menerima pendaftaran mahasiswa baru
tahun akademik 2018-2019


Info selengkapnya