Nur Khabibah (201669050007); " />
⇐ Kembali Detail Cantuman

PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN PRESENTASE LARUTAN NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR)TERHADAP MINUMAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA)

Nur Khabibah (201669050007) - Personal Name (Pengarang)
Dr. Deny Utomo,SP., MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)


Abstrak
Kopi merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Minuman kopi sangat digemari oleh masyarakat, akan tetapi memiliki efek samping bagi kesehatan apabila diminum berlebihan. Salah satu untuk menghasilkan mutu dan cita rasa adalah dengan fermentasi kopi dan diberi prosentasi larutan nanas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lama fermentasi dan prosentase larutan nanas terhadap minuman kopi Arabika terbaik dilihat dari sifat fisika kimia dan organoleptik
Metode yang digunakan dalam penelitian minuman kopi arabika adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu lama fermentansi (24 jam dan 36 jam) dan prosentase larutan nanas (40 %, 60%, 80%). Masing-masing perlakuan diulang sebnayak 3 kali sehingga diperoleh 18 kali percobaan. Uji yang dilakukan meliputi uji kimia meliputi antioksidan, pH, dan organoleptik meliputi warna, rasa, aroma. Sedangkan uji organoleptik menggunakan metode Friedman dan untuk mencari perlakuan terbaik menggunakan metode indeks efektivitas.
Hasil penelitian terbaik pada lama fermentasi dan persentase larutan nanas terhadap minuman kopi arabika terdapat pada perlakuan F2N2 (lama fermentasi 36 jam dan prosentase larutan nanas 60 %) dengan hasil 0,93. Serta organoleptik aroma (0,34), warna (0,38), rasa (0,4).

Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail
Judul PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN PRESENTASE LARUTAN NANAS (ANANAS COMOSUS L. MERR)TERHADAP MINUMAN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA)
Pengarang Nur Khabibah (201669050007) - Personal Name (Pengarang)
Dr. Deny Utomo,SP., MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
No. Panggil 663.9 KHA P
Subyek kopi, lamafermentasi, presentase nanas    
Bahasa Indonesia
Penerbit Ilmu dan Teknologi Pangan (Fak. Pertanian)
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Pasuruan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Universitas Yudharta Pasuruan

menerima pendaftaran mahasiswa baru
tahun akademik 2018-2019


Info selengkapnya