Khumaiyun Zuroidah (201669050003); " />
⇐ Kembali Detail Cantuman

PENGARUH SARI DAUN JAMBU (Psidium guajava Linn.) TERHADAP pH DAN MUTU ORGANOLEPTIK MINUMAN TEMULAWAK ASAM

Khumaiyun Zuroidah (201669050003) - Personal Name (Pengarang)
Khoirin Maghfiroh, S.Pd.M.Si - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)


Abstrak
Daun jambu biji putih mengandung senyawa saponin, tanin, steroid, flavonoid, alkaloid dan triterpenoid. Beberapa senyawa tersebut mempunyai aktivitas antioksidan salah satunya adalah senyawa golongan flavonoid, karena kemampuannya yang dapat mereduksi radikal bebas. Minuman temulawak mempunyai aktivitas antioksidan lebih besar dibandingkan minuman kunyit, jahe maupun minuman beras kencur. Temulawak mempunyai flavor kurang disukai sehingga seringkali produk yang dibuat dengan bahan dasar temulawak dicampur rempah lain seperti jahe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan sari daun jambu berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan mutu organoleptik minuman herbal temulawak asam
Penelitian ini terdiri dari 2 faktor yaitu pengaruh konsentrasi sari daun jambu yang terdiri dari 3 taraf (5%, 10%, dan 15%) dan faktor kedua yaitu proporsi buah asam (15 g dan 25 g). Rancangan pada penelitian ini menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan 3 kali ulangan. Data diperoleh dari pengamatan karakteristik kimia dan organoleptik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, data primer meliputi uji pH dan uji organoleptik, sedangkan data sekunder dari penelitian ini adalah aktivitas antioksidan.
Hasil analisis pH dari penelitian ini menggunakan pH stick yaitu menghasilakan pH dengan penambahan buah asam 15 g dengan pH 4 dan penambahan buah asam 25 g dengan pH 3. Uji organoleptik menggunakan uji friedman dan perlakuan terbaik dengan uji indeks efektivitas dengan hasil terbaik yaitu terletak pada sampel A2B1 (Buah asam 25 g, sari daun jambu 5%) dengan ketentuan ketentuan nilai rasa 4,00 (suka), aroma 4,48 (suka), dan warna 4,36 (suka) dengan pH 3.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail
Judul PENGARUH SARI DAUN JAMBU (Psidium guajava Linn.) TERHADAP pH DAN MUTU ORGANOLEPTIK MINUMAN TEMULAWAK ASAM
Pengarang Khumaiyun Zuroidah (201669050003) - Personal Name (Pengarang)
Khoirin Maghfiroh, S.Pd.M.Si - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
No. Panggil 663 ZUR P
Subyek Minuman Temulawak Asam    
Bahasa Indonesia
Penerbit Ilmu Teknologi Pangan (Fak. Pertanian)
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Pasuruan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Universitas Yudharta Pasuruan

menerima pendaftaran mahasiswa baru
tahun akademik 2018-2019


Info selengkapnya