Farodhilah Asshielafiah (201669050008); " />
⇐ Kembali Detail Cantuman

KAJIAN ANTIOKSIDAN TEH DAUN SIRSAK (Annona Muricata L.) DENGAN PERLAKUAN LAMA PENJEMURAN DAN PENYANGRAIAN

Farodhilah Asshielafiah (201669050008) - Personal Name (Pengarang)
Ir. Rekna Wahyuni, MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)


Abstrak
Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi secara umum oleh masyarakat Indonesia. Teh merupakan salah satu minuman yang sudah sangat umum dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia selain kopi dan susu. Teh dapat dikelompokan menjadi 2 golongan, yaitu teh herbal dan non herbal. Teh non herbal dikelompokkan lagi menjadi 3 golongan, yaitu teh hitam, teh hijau, dan teh oolong. Sedangkan teh herbal merupakan hasil dari proses pengolahan bunga berry, kulit biji, daun, dan akar dari berbagai tanaman (Winarsi, 2011).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh proses lama penjemuran dan pengeringan yang berbeda terhadap kadungan antioksidan teh daun sirsak. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, yang terdiri dari 2 faktor. Faktor I pengaruh lama penjemuran (J) pada teh daun sirsak, yaitu penjemuran selama 10 jam (J1) dan penjemuran selama 15 jam (J2). Faktor II pengaruh penyangraian (S) pada teh daun sirsak, yaitu sangrai 10 menit (S1), sangrai 15 menit (S2), dan sangrai selama 15 menit (S3). Pengamatan pada kerakteristik fisik kimia dan organoleptik meliputi analisa kadar air dan antiokdsidan, serta organoleptik warna, aroma dan rasa.
Hasil penelitian ini diperoleh perlakuan penjemuran dan penyangraian teh daun sirsak yang berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisik kimia (kadar air dan antioksidan) dan organoleptik (warna, aroma, rasa) teh daun sirsak. Dari hasil perhitungan perlakuan terbaik pada teh daun sirsak adalah perlakuan J2S2 (Penjemuran selama 15 jam, dengan proses penyangraian selama 15 menit) dan kadar air 1,41%.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail
Judul KAJIAN ANTIOKSIDAN TEH DAUN SIRSAK (Annona Muricata L.) DENGAN PERLAKUAN LAMA PENJEMURAN DAN PENYANGRAIAN
Pengarang Farodhilah Asshielafiah (201669050008) - Personal Name (Pengarang)
Ir. Rekna Wahyuni, MP - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
No. Panggil 663.9 ASS K
Subyek Teh Daun Sirsak    
Bahasa Indonesia
Penerbit Ilmu dan Teknologi Pangan (Fak. Pertanian)
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Pasuruan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Universitas Yudharta Pasuruan

menerima pendaftaran mahasiswa baru
tahun akademik 2018-2019


Info selengkapnya