Selamat datang di situs resmi Perpustakaan Universitas Yudharta Pasuruan, ini adalah Situs resmi sebagai sarana informasi seputar Perpustakaan Yudharta Pasuruan

Webinar Estetik 3 Memilih Metode Penelitian yang Tepat antara Kualitatif vs Kuantitatif

  

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasuruan bekerja sama dengan Universitas Yudharta Pasuruan menggelar Webinar Estetik (Edukasi dan Sharing Tentang Statistik) yang bertajuk "Bagaimana Memilih Metode Penelitian yang Tepat antara Kualitatif vs Kuantitatif". Acara ini berlangsung pada hari Senin, 24 Juni 2024, dari pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB melalui platform daring.

Webinar dimulai dengan Welcome Speech oleh Ir. Arif Joko Sutejo, MM, selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasuruan. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pemilihan metode penelitian yang tepat guna menghasilkan data yang valid dan dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan di berbagai sektor.

Selanjutnya, Keynote Speech disampaikan oleh Dr. Deny Utomo, S.Pi, MP., Wakil Rektor 1 Universitas Yudharta Pasuruan. beliau memaparkan perbedaan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta memberikan panduan praktis mengenai situasi di mana masing-masing metode sebaiknya diterapkan untuk mendapatkan hasil penelitian yang optimal.


Webinar ini menghadirkan narasumber utama, Addel Riva Salindeho, S.Mn, M.Si, M.Env., seorang ahli dalam bidang penelitian dan statistik. Addel Riva membahas lebih dalam tentang metodologi penelitian, termasuk teknik pengumpulan dan analisis data baik secara kualitatif maupun kuantitatif, serta cara memastikan validitas dan reliabilitas penelitian.

Sesi ini dimoderatori oleh Dina Atika Rahmawati, S.ST, yang memandu jalannya diskusi dengan lancar dan interaktif. Peserta webinar yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Universitas Yudharta Pasuruan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menanyakan berbagai hal terkait tantangan dan aplikasi metode penelitian dalam berbagai konteks studi.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam dan praktis bagi para akademisi dalam memilih metode penelitian yang tepat sesuai dengan tujuan dan kebutuhan penelitian mereka. Webinar diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian di lingkungan akademis Universitas Yudharta Pasuruan dan memberikan inspirasi bagi peserta untuk lebih mengembangkan kemampuan penelitian mereka.

Webinar ditutup dengan diskusi interaktif yang dipandu oleh moderator, memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman dan ide terkait penelitian mereka.


Dengan terselenggaranya webinar ini, diharapkan para peneliti dan akademisi dapat lebih cermat dalam memilih metode penelitian yang sesuai, sehingga mampu menghasilkan penelitian yang bermutu dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Post a Comment

أحدث أقدم